Main Article Content

Abstract

Masyarakat terutama kaum wanita sangat menyadari manfaat dalam berhijab selain menutup aurat, hijab juga memberikan kesan feminim, melindungi tubuh dari panas, debu dan segala resiko kejahatan. Hijab saat ini digunakan tidak hanya pada acara resmi saja tetapi hijab digunakan untuk segala aktifitas dari mulai bersantai, ke sekolah, bekerja, acara resepsi dan kegiatan lainnya. Segmentasi pasar hijab Umama adalah wanita segmen remaja dan dewasa ternyata para pesaing juga menentukan segmen yang sama. Persaingan yang tinggi berdampak pada penurunan pembelian konsumen terhadap hijab Umama. Metode yang dgunakan penelitian kuantitatif. Populasi yang diteliti adalah pengguna hijab merek Umama. Teknik menggunakan non-probability sampling, dengan jumlah sampel ditentukan melalui model accidental sampling. Data primer dikumpulkan melalui teknik sebar kuesioner kepada responden dan akan dianalisa
menggunakan uji Regresi Linear Berganda, Uji F, uji Koefisien Determinasi dan Uji T menggunakan SPSS 25. Hasil dari Uji t Online Marketing bernilai thitung>ttabel yaitu 3,666>1,661 dan sig. = 0,000<0,05 yang berarti H1 dinyatakan diterima maka terdapat adanya pengaruh positif Online Marketing terhadap adanya Keputusan Pembelian. Hasil uji t Persepsi Penetapan Harga bernilai thitung>ttabel yaitu 4,138>1,661 dan sig. = 0,000<0,05 artinya H2 dinyatakan diterima maka terdapat adanya pengaruh Persepsi Penetapan Harga terhadap adanya Keputusan Pembelian. Hasil Uji Product Knowledge diperoleh nilai thitung>ttabel yaitu 7,142>1,661 dan sig. = 0,000<0,05 artinya H3 dinyatakan diterima, artinya terdapat pengaruh positif Product Knowledge terhadap adanya Keputusan Pembelian hijab Umama di Tegal.

Keywords

Online Marketing Penetapan Harga Product Knowledge Keputusan Pembelian

Article Details

References

  1. Amiliana, d., & Chamid, A. (2022). Penerapan Strategi Pemasaran Dan Penetapan Hrga Untuk Meningkatkan Daya Beli Konsumen Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Manajemen Dan Start Up Bisnis, 493-501.
  2. Asse, R. A. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warung Bakso Mas Cingkrank Di Makassar). Jurnal Komunikasi KAREBA, 219-231.
  3. Cantika Arisha Ayudhia, I. H. (2020). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim Umama Scarf. Prosiding Hukum Ekonomi Syariah. Retrieved from http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v6i2.22120
  4. Erniawanti, V., Maulana Yusuf, & M. Taufik Ridho . (2023, September). Pengaruh Harga, Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Vivi Jilbab Di Sungai Kambang Jambi. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika (JUPUMI) , 3 No. 2. doi:DOI: https://doi.org/10.55606/jupumi.v2i3.1093 Martini, T. (2015). Analisis Pengaruh Harga Kualitas Produk Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Merek Honda Jenis Skutermatic. Jurnal Penelitian , 113-132.
  5. Novalinda, W. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan (Studi Pada PT. Roni Laila Abadi Di Lumajang). STIE Widya Gama Lumajang, 1-43.
  6. Nuraen, D. (n.d.). PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HIJAB RABBANI. Al Fatih|Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, Volume 2 (1), 2020.
  7. Oktavia, E. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Brand Image Dan Influencer Marketing Pada Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Mahasiswa STIE Malangkucecwara) . STIE Malangkucecwara, 1-21.
  8. Rasyid, M. N., Nasrullah, & Sumarni. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Minat Beli Konsumen Di Kota Makassar (Studi Kasus Toko Ramadhan Stationery). Jurnal Ekonomi Islam, 100-110.
  9. Rofiki, M., & Muhimmah, K. (2021). Strategi Pemasaran Online Shop Upaya Untuk Meningkatkan Volume Penjualan . Jurnal Hukum Islam Ekonomi Dan Bisnis, 203-219.
  10. Rosidin, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Selular Telkomsel Di Lumajang . STIE Widya Gama Lumajang, 1-32.
  11. Sugiyono. (2019: 78). METODE PENELITIAN, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. BANDUNG: ALFABETA.
  12. Suharsono, R. S., & Rini Purnama Sari. (2019). Pengaruh Promosi Media Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab . JAMIN : Jurnal aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1 Nomor 2. Retrieved E-ISSN (Online) : 2621 – 323
  13. Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Andi Offset. Sumarwan, U. (2012). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.
  14. Syamsudin, S. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee . Institut Teknologi Dan Bisnis Widya Gama Lumajang, 1-32.
  15. Ulfah, F., Nur, K., Salsabilla, Safitri, Y., Evanita, S., & Friyatmi. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Studi Keju Lasi. Jurnal Pendidikan Tambusai.
  16. Wiyanti, S., & Cahyaningtyas, N. W. (2022). Influence of Brand Equity Dimensions on the Business Purchase Behavior of the Crispy Chicken Franchise in Tegal City. Enrichment : Journal of Management, 12 No. 2, 1509-1514.
  17. Wiyanti, S., & Hanfan, A. (2022, May). The Role Of Word Of Mouth, Shopping Lifestyle and City Walk Concept an Brand Image Mall in Indonesia. International Journal Of Entrepreneurship and Bussiness Management, 1 No. 1.
  18. Wiyanti, S., & Wicaksana, M. (2023, Agustus). The role green marketing and product knowledge in. Enrichment: Journal of Management, 1903-1912. Retrieved from www.enrichment.iocspublisher.org
  19. Wiyanti, S., Diana Putri, M., Happy Nadia M, Nina Antika, Dinda Tri C R, & Bagas Dwi C. (2023, Juli). Peran Strategi Desain Produk Dan Mutu/Kualitas Terhadap . Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1 No. 1, 1-8. doi:Doi: https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i1.1 1
  20. Wiyanti, S., Fifi Aleyta, Ismiyati Hidayah, Helatul Azizah, & Friska Era M. (2023, Oktober). Membangun Keunggulan Kompetitif Tahu Aci Asli Tegal Melalui Diferensiasi Produk, Kemasan Dan Harga. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan , 16 Nomor 2. doi:https://doi.org/10.31001/jbk.v16i2.2099
  21. Wiyanti, S., Maulana, A., N H, A., Yusufi, F. R., & Ardiansyah, M. (2023, Agustus). Pengaruh Lingkungan, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1 No. 2. doi: https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i2.6
  22. Wiyanti, S., Maulida E F, V., Haniyatus S, I., Ahmad, N., & Vira Aulia. (2023, November). Pengaruh Pengeceran, Harga Grosir Dan Promosi Penjualan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Nusantara, 1 No. 3, 142-150. doi:DOI: https://doi.org/10.59435/jimnu.v1i3.121
  23. Wiyanti, S., Stevanus, Ayu Widianingrum, D., M Syahdan Farizi, Mahardina Y R, & Kurniawan, B. (2023, April). Pengaruh Harga Paket Produk, Suasana Kafe Dan Lokasi Terhadap Minat. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16 No. 1, 59-71. doi:DOI: https://doi.org/10.31001/jbk.v16i1.2095
  24. Zulaika Matondang, H. F. (2023). PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK, LABEL HALAL, DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Jurnal Ilmu Ekonomi dan bisnis Islam, Vol. 5 No. 1 Tahun 2023.