Pengaruh Kepercayaan Pelanggan, Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan Keamanan Data Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Shopee Paylater (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Kota Tegal)
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kepercayaan Pelanggan, Kemudahan Penggunaan Aplikasi dan Keamanan Data Pelanggan Mengenai Kepuasan Pelanggan saat Menggunakan Shopee PayLater (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Kota Tegal). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian tidak diketahui, sehingga teknik Sampling Purposive digunakan untuk memilih sampel. Responden penelitian terdiri dari 100 pelanggan yang ditentukan sesuai dengan kriteria spesifik. Perolehan data dilakukan dengan survei atau kuesioner. Pendekatan analisis yang diadopsi meliputi uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi. Berdasarkan riset yang dilakukan diperoleh hasil Kepercayaan pelanggan berdampak pada kepuasan pelanggan saat memakai Shopee PayLater, Kemudahan penggunaan aplikasi mempunyai pengaruh pada kepuasan pelanggan saat memakai Shopee PayLater, Keamanan data pelanggan berdampak pada kepuasan pelanggan saat memakai Shopee PayLater (studi kasus pada mahasiswa di Kota Tegal).
Article Details
References
Bayu, D. J. (2021). Konsumen Paling Banyak Pakai Paylater di Shopee. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/15/konsumen-paling-banyak-pakai-paylater-di-shopee
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1. Erlangga.
Lidwina, A. (2020). Masyarakat Paling Banyak Gunakan Fitur PayLater di Shopee. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/12/23/masyarakat-paling-banyak-gunakan-fitur-paylater-di-shopee
Muhamad, N. (2023). E-Wallet, Metode Pembayaran Digital yang Paling Banyak Digunakan Warga RI saat Belanja Online. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/20/e-wallet-metode-pembayaran-digital-yang-paling-banyak-digunakan-warga-ri-saat-belanja-online
Natalia, D., & Susilawaty, R. (2022). Pengaruh Kualitas Sistem , Kemudahan dan Harga terhadap Kepuasan Pengguna dalam Penggunaan Paylater ( Studi Kasus pada Pengguna Paylater di Kota Bandung ). Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 13(01), 1379–1385.
Permatasari, B. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Mobile Banking Bca. Journals of Economics and Business, 2(2), 1–16. https://doi.org/10.33365/jeb.v2i2.112
Pratiwi, L. H., & Ellyawati, J. (2023). Layanan M-Banking Dan Pengaruhnya Pada Kepuasan Dan Loyalitas: Studi Empiris Bank Bni. Modus, 35(2), 212–226. https://doi.org/10.24002/modus.v35i2.7567
Puriwigati, A. N., & Buana, U. M. (2020). Sistem Informasi Manajemen-Keamanan Informasi. May.
Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Bisnis (N. Apri (ed.)). Alfabeta.
Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis (A. Cristian (ed.); I). Andi Offset.
Sumarwan, U. (2004). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.
Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). Theoretical extension of the Technology Acceptance Model: Four longitudinal field studies. Management Science, 46(2), 186–204. https://doi.org/10.1287/mnsc.46.2.186.11926
Westbrook, R. A. (1987). Product/Consumption-Based Affective Responses and Postpurchase Processes. Journal of Marketing Research, Vol. 24, N, 258-270 (13 pages). https://doi.org/https://doi.org/10.2307/3151636
Yüksel, A., & Yüksel, F. (2008). Consumer satisfaction theories: Acritical review. Tourist Satisfaction and Complaining Behavior, 1984, 65–88.