Journal of Information System & Business Management (ISBM) https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm <p>Journal of Information System &amp; Business Management (ISBM) is a scientific journal in the field of business information systems and business management published by the Digital Business Department at Universitas Pancasakti Tegal. A business information system is defined as a system that integrates information technology, people and business. ISBM brings business functions together with information to establish effective and useful communication channels for making timely and accurate decisions.</p> <p>Journal of Information System &amp; Business Management (ISBM) is published 2 (two) times a year, March and September</p> en-US [email protected] (Muhamad Andi Budiyanto) Sun, 29 Oct 2023 13:05:57 +0000 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pentingnya Strategi Lokasi Dan Layout Fasilitas Sebagai Daya Saing Mall https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/24 <p>Bisnis Mall saat ini terancam akibat dari persaingan yang tinggi dan kemajuan teknologi digital dimana<br>masyarakat tidak perlu ke Mall untuk berbelanja kebutuhannya. Tujuan penelitian ini adalah<br>mengidentifikasi peran lokasi dan fasilitas Mall dalam menciptakan daya saing Rita Mall kota Tegal.<br>Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah Store Manajer, Floor<br>Manager, Kepala Divisi dan Supervisor Operasional, Karyawan Pemasaran Supliyer serta konsumen.<br>Sampel dalam penelitian ini dipilih secara tidak acak menggunakan metode Purposive sampling. Data hasil<br>survey diolah menggunakan alat analisis SPSS 25 dimana data tersebut dianalisis melalui regresi linear<br>berganda dan diuji menggunakan uji hipotesis, termasuk uji t, uji F, dan koefisien determinasi.<br>Hasil penelitian dari uji t diperoleh Persepsi Lokasi terhadap Daya Saing diperoleh nilai thitung &gt; ttabel<br>yaitu 1,969 &gt; 1,661 dengan nilai sig. = 0,000 &lt; 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Persepsi fasilitas<br>terhadap Daya Saing diperoleh nilai thitung &gt; ttabel yaitu 5,155 &gt; 1,661 dengan nilai sig. = 0,000 &lt; 0,05<br>artinya H0 ditolak dan H2 diterima. Hasil uji F diperoleh fhitung 96,166 yang artinya lebih besar dari ftabel<br>yaitu 96,166 &gt; 2,467 dengan nilai sig. adalah 0,00 dengan kata lain nilai sig. &lt; 0,05 atau 0,000 &lt; 0,05,<br>sehingga dapat diartikan H3 diterima.<br>Kesimpulan terdapat pengaruh positif peran persepsi Lokasi terhadap Daya Saing Rita Mall Tegal.<br>Jadi, dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif peran persepsi Layout Fasilitas terhadap Daya Saing Rita<br>Mall Tegal. Jadi, hipotesis ketiga adanya peran persepsi Lokasi dan persepsi Layout Fasilitas terbukti atau<br>diterima, maka disimpulkan terdapat peran positif persepsi Lokasi dan Layout Fasilitas secara simultan<br>terhadap Daya Saing Rita Mall kota Tegal.</p> Sari Wiyanti, Neli Marlina, Ade Julia Asyifa, Zulfikar Satya Akbar, Sigit Wahyu Pratama Copyright (c) https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/24 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 Menguji Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/25 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah celebrity endorser, brand image, dan kualitas produk<br>berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk scarlett. Metode peenlitian ini menggunakan<br>pennelitian deskriptif kuantitatif, data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner dengan teknik non<br>probability sampling, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi responden terhadap masing-masing<br>variabel. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji instrument data (uji validitas dan uji<br>reliabilitas), anaisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolineritas, uji<br>heteroskedastisitas) dan uji hipotesis (uji t, uji f, koefisien determinasi) dengan menggunakan alat IMB<br>SPSS versi 25, sampel dalam penelitian ini berjumlah 170 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan<br>bahwa Celebrity Endorser, Brand Image, dan Kualitas Produk secara bersama-sama berpengaruh<br>terhadap Keputusan Pembelian. Celebrity Endorser, Brand Image, dan Kualitas Produk secara parsial<br>berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian.</p> Yuniarti Herwinarni, Muhammad Jalari, Agnes Dwita Susilawati, Tri Sulistyani Copyright (c) https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/25 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 Sistem Informasi Pengelolaan Data Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) RT.005 RW.24 Desa Sumberjaya https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/26 <p>Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk menciptakan sebuah sistem informasi yang memfasilitasi<br>pengelolaan data terkait Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di wilayah Rukun Tetangga<br>005, Rukun Warga (RW) 24, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Sistem<br>tersebut dirancang untuk membantu petugas dalam merangkum informasi yang diperlukan dengan lebih<br>efisien. Penelitian ini mengadopsi metode objektif, yang dianggap sebagai pendekatan yang sangat sesuai<br>untuk menggambarkan elemen-elemen dan komponen-komponen yang terdapat dalam data aktivitas<br>PKK, sehingga memungkinkan penyusunan sistematis dalam perancangan dan pembuatan sistem<br>informasi pengelolaan data PKK menggunakan PHP dan database MySQL. Hasil penelitian ini<br>menghasilkan sistem informasi yang memungkinkan pengolahan data kegiatan PKK dengan lebih cepat<br>dan akurat, sesuai dengan kebutuhan petugas dalam pembuatan laporan-laporan data PKK yang<br>dibutuhkan. Dengan adanya sistem ini maka kegiatan dan program kerja PKK RT.005 RW.024 dapat<br>diliihat secara elektronik tanpa ada batasan waktu dan tempat, serta masyarakat dapat melihat kegiatan<br>serta informasi tentang PKK.</p> Adie Kusna Wibowo, Idrus Ramadhan, Bei Harira Irawan, Ilman Kadori Copyright (c) https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/26 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 Analisis Dampak Promosi dan Kualitas Layanan Elektronik terhadap Niat untuk Membeli Kembali Penggunaan OVOPAY (STUDI KASUS KONSUMEN OVOPAY SEKARESIDENAN PEKALONGAN) https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/27 <p>Penelitian ini mengidentifikasi apakah terdapat dampak positif dari promosi serta bagaimana<br>kualitas layanan elektronik (e-service) terhadap minat untuk membeli ulang layanan OvoPay.<br>Penelitian ini mengadopsi pendekatan tipe eksplanatori. Dalam proses pengambilan sampel,<br>metode pengambilan sampel non-probabilitas digunakan dengan pendekatan convenience<br>sampling, di mana survei disebar secara daring melalui formulir Google. Sebanyak 86 individu<br>yang menggunakan layanan OvoPay di kawasan Pekalongan diambil sebagai sampel. Pengukuran<br>dilakukan menggunakan model skala Likert. Metode analisis yang diterapkan menggunakan<br>Regresi Linear Berganda, dengan proses analisis dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS<br>V. 22. Uji instrumen melibatkan uji validitas serta uji reliabilitas. Sementara uji asumsi klasik<br>melibatkan uji Normalitas dan uji Multikolinearitas serta uji Heteroskedastisitas. Uji analisis data<br>mencakup uji F, koefisien determinasi, uji t dan persamaan regresi berganda.<br>Hasil dari analisis data menunjukkan secara terpisah bahwa promosi memiliki dampak positif dan<br>signifikan terhadap adanya minat beli ulang layanan OvoPay. Sementara itu, kualitas pada layanan<br>elektronik (E-Service Quality) juga memiliki dampak positif dan signifikan adanya minat beli<br>ulang layanan OvoPay. Secara bersamaan, uji simultan menunjukkan bahwa promosi dan kualitas layanan elektronik (E-Service Quality) secara bersama-sama berdampak positif pada minat beli<br>ulang layanan OvoPay sebesar 58,8%, sedangkan pada sisa pengaruh sebesar 41,2% dapat<br>dijelaskan oleh faktor-faktor lain.</p> Muhamad Andi Budiyanto, Faiz Irsyad Prasetyo, Deddy Prihadi, Bei Harira Irawan Copyright (c) https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/27 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Pegawai Pada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Berau https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/28 <p>Sistem Informasi Akuntansi saat ini digunakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Berau. Studi<br>ini difokuskan pada KPU Kabupaten Berau sebagai obyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan<br>dengan tiga pendekatan, yaitu observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen. Analisis data<br>dalam studi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang fokus pada penjelasan sistem<br>informasi akuntansi penggajian di organisasi tersebut. Studi ini menggambarkan secara rinci<br>aktivitas penggajian, peran fungsi yang terlibat, dokumen yang digunakan, pencatatan akuntansi,<br>prosedur sistem, serta kontrol internal. Penelitian ini juga mencakup evaluasi untuk menilai apakah<br>penerapan sistem informasi akuntansi penggajian di organisasi tersebut mampu meningkatkan<br>efisiensi dan efektivitas dalam proses penggajian.</p> SURYADI SURYADI, FEBRINA NURRAHMI Copyright (c) https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/28 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 Analisis Segmentasi Pelanggan Mall Menggunakan Algortima K-Means https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/30 <p>Segmentasi pelanggan adalah tindakan mengelompokkan konsumen ke dalam beberapa kategori<br>berdasarkan karakteristik umum seperti usia, jenis kelamin, pendapatan tahunan, lokasi tempat tinggal,<br>frekuensi pembelian, dan faktor lainnya. Hasil dari proses segmentasi ini digunakan sebagai panduan untuk<br>merumuskan strategi pemasaran serta memperkenalkan produk baru kepada setiap kelompok pelanggan.<br>Selain itu, hasil segmentasi juga membantu dalam mengembangkan produk khusus untuk kelompok<br>pelanggan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Dengan menggunakan algoritma clustering seperti K-Means,<br>pelaku bisnis dapat memastikan bahwa kebijakan yang diambil memiliki dasar yang sistematis dan terukur.<br>Terdapat 5 kelompok pelanggan mall berdasarkan hasil analisis data, yakni: kelompok pertama adalah<br>pelanggan yang berpenghasilan rata-rata dengan skor pengeluaran rata-rata. Kelompok kedua adalah<br>pelanggan yang berpenghasilan tinggi dan memiliki skor pembelanjaan. Kelompok ketiga adalah pelanggan<br>yang memiliki pendapatan lebih tinggi namun tidak menghabiskan lebih banyak uang di mall. Kelompok<br>keempat adalah pelanggan yang berpenghasilan rendah dengan skor pengeluaran rendah. Kelompok<br>kelima adalah pelanggan berpenghasilan rendah dengan skor pembelanjaan tinggi. : segmentasi</p> Yustia Hapsari, Deddy Prihadi, Agnes Dwita Susilawati, Eka Matriayani, Kafaby Juweriyah Copyright (c) https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/30 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000