Journal of Information System & Business Management (ISBM) https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm <p>Journal of Information System &amp; Business Management (ISBM) is a scientific journal in the field of business information systems and business management published by the Digital Business Department at Universitas Pancasakti Tegal. A business information system is defined as a system that integrates information technology, people and business. ISBM brings business functions together with information to establish effective and useful communication channels for making timely and accurate decisions.</p> <p>Journal of Information System &amp; Business Management (ISBM) is published 2 (two) times a year, March and September</p> en-US m_andibudiyanto@upstegal.ac.id (Muhamad Andi Budiyanto) Wed, 23 Oct 2024 07:52:55 +0700 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, INOVASI DESAIN PRODUK, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PERCETAKAN KEJAMBON KOTA TEGAL https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/42 <p>Industri Jasa percetakan pada saat ini sangat berkembang dengan cepat. Perusahaan berusaha menawarkan produk atau jasa yang berlainan dengan penyedia jasa lainnya sehingga produk yang ditawarkan sangat bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Perusahaan percetakan yang memiliki keinginan memenangkan persaingan dan meraih keunggulan bersaing dalam aktifitas bisnisnya, tidak hanya harus mampu menyajikan teknologi yang canggih serta terstandarisasi, tetapi juga mesti bisa mempertahankan pelanggan agar tidak beralih mempergunakan jasa percetakan lain. Persaingan yang makin ketat di insdutri percetakan berdampak pada keberlangsungan usaha percetakan sehingga pelaku usaha perlu memiliki strategi khusus dalam meemnangkan persaingan salah sataunya dengan memiliki pelanggan yang loyal. Tujuan riset ini adalah untuk mengetahui adanya keterkaitan antara kualitas pelayanan, inovasi desain produk, serta kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun secara simultan pada loyalitas pelanggan. Penelitian ini mempergunakan metode atau pendekatan survei. Data penelitian dikumpulkan dengan mempergunakan kuesioner. Sampel penelitian dipilih dari pelanggan Percetakan Kejambon yang telah melakukan pembelian lebih dari 2 kali sejumlah 100 orang. Analisis regresi linier berganda dipergunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Riset ini menyimpulkan ada pengaruh kualitas pelayanan, inovasi desain produk, dan kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun secara simultan pada loyalitas pelanggan.&nbsp;</p> Sri Zumroti, Yuniarti Herwinarni, Deddy Prihadi Copyright (c) 2024 ISBM https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/42 Perancangan Arsitektur Sistem Pembayaran Infaq Pada Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Masjid At-Taqwa Menggunakan Arsitektur TOGAF https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/43 <p>Sistem pembayaran infaq yang efektif dan efisien merupakan kebutuhan penting bagi organisasi keagamaan seperti Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) dalam mendukung operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang arsitektur sistem pembayaran infaq pada TPA Masjid At-Taqwa dengan <br>menggunakan kerangka kerja TOGAF (The Open Group Architecture Framework). TOGAF dipilih karena kemampuannya dalam menyediakan pendekatan sistematis dan terstruktur dalam perancangan arsitektur sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Metode yang digunakan dalam <br>penelitian ini melibatkan tahapan Preliminary Phase, Architecture Vision, Business Architecture, Information Systems Architecture, dan Technology Architecture dalam siklus ADM (Architecture Development Method) TOGAF. Hasil dari perancangan ini dapat menghasilkan sistem pembayaran infaq <br>yang terintegrasi, aman, serta mempermudah pengelolaan dan pencatatan transaksi keuangan secara digital, sekaligus mendukung transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana infaq. Implementasi arsitektur yang dirancang ini diharapkan mampu meningkatkan efisiensi pengelolaan infaq serta <br>memberikan kemudahan bagi jamaah dalam berpartisipasi dalam kegiatan infaq secara berkelanjutan.&nbsp;</p> Miswadi Miswadi, Manase Sahat Simarangkir, Deddy Hidayat, Nita Winda Sari, Rizki Prasetyo Tulodo, Ali Sofyan Copyright (c) 2024 ISBM https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/43 Penerapan Metode Agile Pada Aplikasi Pencatatan Pemakaian Air di Perumahan Asri Pratama Cikarang Selatan https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/45 <p>Aplikasi pengelolaan air bersih merupakan sebuah solusi yang dirancang untuk membantu pengelolaan sistem penyediaan air minum (PAM) secara efisien dan efektif. Dalam lingkungan Perumahan Asri Pratama, penting untuk memiliki sistem yang dapat mempermudah pengguna dalam mengelola dan memantau penggunaan air minum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi berbasis PHP dan MySQL yang dapat digunakan untuk mengelola air bersih secara mandiri pada SAB (Sarana Air Bersih) di Perumahan Asri Pratama Cikarang Selatan. Metode pengembangan yang digunakan <br>adalah metode agile. Diharapkan Aplikasi yang diimplementasikan pada SAB Perumahan Asri Pratama Cikarang Selatan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pengguna dalam mengelola dan memantau penggunaan air minum secara efisien. Selain itu, sistem ini juga dapat meningkatkan efisiensi <br>operasional bagi pihak pengelola dengan menyediakan akses informasi yang akurat dan real-time terkait pengelolaan air bersih.&nbsp;</p> Mukhsin Mukhsin, Ali Mulyanto, Supini Supini Copyright (c) 2024 ISBM https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/45 Penerapan Metode Prototype Pada Sistem Persediaan Barang Berbasis Web Di PT. Beta Sinarindo Bekasi https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/46 <p>PT. Beta Sinarindo (Besindo) adalah perusahaan dalam industri plastik global yang memproduksi dan memasarkan Polyfoam (PE Foam) serta Air Bubble untuk pasar lokal dan ekspor. Di bagian gudang, masalah yang dihadapi adalah pengelolaan data persediaan barang yang masih dilakukan secara manual <br>menggunakan penulisan di buku besar. Hal ini mengakibatkan kontrol data barang menjadi tidak teratur dan sering terjadi duplikasi nama barang karena tidak adanya sistem pengkodean. Proses pembuatan laporan memakan waktu lama dan sering tidak akurat karena staff gudang harus memeriksa data <br>transaksi satu per satu, yang berdampak pada performa kerja yang kurang optimal. selain itu, tidak ada sistem informasi yang memadai untuk memberikan data persediaan barang kepada pegawai di bagian lain. Metode yang digunakan adalah metode prototype, yaitu sebuah teknik pengembangan sistem yang <br>memanfaatkan prototype untuk menggambarkan sistem kepada pengguna. Penelitian ini menghasilkan penerapan metode prototype pada sistem&nbsp; persediaan barang berbasis web di PT. Beta Sinarindo untuk mempermudah pengolahan data barang masuk dan keluar, mempercepat pencarian stok barang, serta mempercepat laporan mengenai barang masuk, keluar, dan stok yang sudah mendekati batas minimum.&nbsp;</p> Samsul Aripin, Nopiyanto Nopiyanto, Ahmad Yakub Copyright (c) 2024 ISBM https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/46 Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Employee Self Service (ESS), Budaya Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/48 <p>Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh sistem informasi manajemen, budaya kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Niaga Indoguna Yasa. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sejumlah 46 orang karyawan. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui teknik kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang diterapkan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini membuktikan sistem informasi, budaya kerja, dan Motivasi kerja memengaruhi kinerja karyawan secara parsial dan simultan.</p> Muhamad Rahmat Hidayat, Gunistiyo Gunistiyo, Agnes Dwita Susilawati, Tri Sulistiyani Copyright (c) 2024 ISBM https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/48 Pengaruh Persepsi Harga, Emotional Factor, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Percetakan Kejambon Kota Tegal https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/49 <p>Kepuasan konsumen memberikan berbagai manfaat, seperti menciptakan hubungan yang lebih harmonis antara perusahaan dengan pelanggan, membuat bagaimana pelanggan melakukan pembelian ulang, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan mendorong konsumen untuk melakukan pemasaran melalui <br>informasi dari sesama pelanggan yang menguntungkan perusahaan. Percetakan Kejambon berkomitmen untuk memastikan kepuasan konsumennya melalui layanan percetakan yang disediakan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh persepsi harga, faktor emosional, dan kualitas layanan, baik secara individu maupun bersama-sama, terhadap kepuasan para konsumen di Percetakan Kejambon Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan survei dengan teknik pengumpulan data melalui pengumpulan kuesioner. Sampel yang diambil terdiri dari 100 orang <br>responden yang merupakan pelanggan Percetakan Kejambon. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi harga, faktor emosional, dan kualitas pelayanan berpengaruh baik secara parsial maupun <br>simultan terhadap kepuasan para konsumen di Percetakan Kejambon Kota Tegal. Oleh karena itu, Percetakan Kejambon disarankan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kepuasan konsumen dengan cara memperbaiki kualitas hasil cetakan, menyampaikan informasi harga dengan jelas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.&nbsp;</p> Owen Mulyono, Yuniarti Herwinarni, Deddy Prihadi, Muhammad Andi Budiyanto Copyright (c) 2024 ISBM https://isbm.upstegal.ac.id/index.php/isbm/article/view/49