Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi apakah terdapat dampak positif dari promosi serta bagaimana
kualitas layanan elektronik (e-service) terhadap minat untuk membeli ulang layanan OvoPay.
Penelitian ini mengadopsi pendekatan tipe eksplanatori. Dalam proses pengambilan sampel,
metode pengambilan sampel non-probabilitas digunakan dengan pendekatan convenience
sampling, di mana survei disebar secara daring melalui formulir Google. Sebanyak 86 individu
yang menggunakan layanan OvoPay di kawasan Pekalongan diambil sebagai sampel. Pengukuran
dilakukan menggunakan model skala Likert. Metode analisis yang diterapkan menggunakan
Regresi Linear Berganda, dengan proses analisis dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS
V. 22. Uji instrumen melibatkan uji validitas serta uji reliabilitas. Sementara uji asumsi klasik
melibatkan uji Normalitas dan uji Multikolinearitas serta uji Heteroskedastisitas. Uji analisis data
mencakup uji F, koefisien determinasi, uji t dan persamaan regresi berganda.
Hasil dari analisis data menunjukkan secara terpisah bahwa promosi memiliki dampak positif dan
signifikan terhadap adanya minat beli ulang layanan OvoPay. Sementara itu, kualitas pada layanan
elektronik (E-Service Quality) juga memiliki dampak positif dan signifikan adanya minat beli
ulang layanan OvoPay. Secara bersamaan, uji simultan menunjukkan bahwa promosi dan kualitas layanan elektronik (E-Service Quality) secara bersama-sama berdampak positif pada minat beli
ulang layanan OvoPay sebesar 58,8%, sedangkan pada sisa pengaruh sebesar 41,2% dapat
dijelaskan oleh faktor-faktor lain.

Keywords

Promosi E-Service Quality Minat Beli Ulang

Article Details

References

  1. Aaker, David (2014). Aaker on Branding “20 Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan
  2. Brand”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  3. Alhaddad, A. (2014). The Effect Of Brand Image And Brand Loyalty On Brand Equity.
  4. International Journal Of Business And Management Invention. 3(5). Retrieved From
  5. Google Scholar.
  6. Ariani, F., & Prinoya R. W.(2021). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap
  7. Keptusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Shopee Di Sumatera Barat). Journal Of
  8. Technopreneurship On Economics And Business Review, 3(1).
  9. Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat
  10. Beli Jasa Go-Jek. Widyakala Journal, vol.3 ISSN : 2337-7313 print.
  11. Databoks.Katadata. (2019). Tokopedia E-Commerce Dengan Nilai Transaksi Terbesar.
  12. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/15/2014-2023-nilai-transaksitokopedia-terbesar-dibandingkan-e-commerce-lainnya
  13. Databoks.Katadata. (2021). Tokopedia Masih Jadi E-Commerce Paling Banyak Dikunjungi Pada
  14. Kuartal III 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/18/tokopedia-masihjadi-e-commerce-paling-banyak-dikunjungi-pada-kuartal-iii-2021
  15. Databoks.Katadata. (2021). Transaksi E-Commerce Indonesia Diproyeksikan Capai Rp 403 Triliun
  16. Pada 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/25/transaksi-e-commerceindonesia-diproyeksikan-capai-rp-403-triliun-pada-2021
  17. Humdiana. (2005). Analisis Elemen-Elemen Ekuitas Merek Produk Rokok Merek Djarum
  18. Black. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 12(1).
  19. Iprice (2021). Report Peta Persaingan E-Commerce Q3 2021. https://
  20. iprice.co.id/trend/insights/report-peta-persaingan-e-commerce-q3-2021/
  21. Kurniasari, M., & Budiatmo A. (2018) Pengaruh Social Marketing, Brand Awareness Terhadap
  22. Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts
  23. & Coffee Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 7, (1): 25-31.
  24. Nikmatulloh, A. A., & Wijayanto A. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek, Kepercayaan Dan
  25. Harga Terhadap Minat Beli Online Pada Marketplace Bukalapak (Studi Pada Pengguna
  26. Bukalapak Di Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 10(10).
  27. Ningsih, S., & Dukalang, H. (2019) Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi
  28. Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics. 1(1): 43-53.
  29. Putri, L. H. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Minat Pembelian Ulang Konsumen
  30. Terhadap Produk Naget Delicy. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(2).