Analisis Dampak Promosi dan Kualitas Layanan Elektronik terhadap Niat untuk Membeli Kembali Penggunaan OVOPAY (Studi Kasus Konsumen OVOPAY Se-Karesidenan Pekalongan)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengidentifikasi apakah terdapat dampak positif dari promosi serta bagaimana
kualitas layanan elektronik (e-service) terhadap minat untuk membeli ulang layanan OvoPay.
Penelitian ini mengadopsi pendekatan tipe eksplanatori. Dalam proses pengambilan sampel,
metode pengambilan sampel non-probabilitas digunakan dengan pendekatan convenience
sampling, di mana survei disebar secara daring melalui formulir Google. Sebanyak 86 individu
yang menggunakan layanan OvoPay di kawasan Pekalongan diambil sebagai sampel. Pengukuran
dilakukan menggunakan model skala Likert. Metode analisis yang diterapkan menggunakan
Regresi Linear Berganda, dengan proses analisis dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS
V. 22. Uji instrumen melibatkan uji validitas serta uji reliabilitas. Sementara uji asumsi klasik
melibatkan uji Normalitas dan uji Multikolinearitas serta uji Heteroskedastisitas. Uji analisis data
mencakup uji F, koefisien determinasi, uji t dan persamaan regresi berganda.
Hasil dari analisis data menunjukkan secara terpisah bahwa promosi memiliki dampak positif dan
signifikan terhadap adanya minat beli ulang layanan OvoPay. Sementara itu, kualitas pada layanan
elektronik (E-Service Quality) juga memiliki dampak positif dan signifikan adanya minat beli
ulang layanan OvoPay. Secara bersamaan, uji simultan menunjukkan bahwa promosi dan kualitas layanan elektronik (E-Service Quality) secara bersama-sama berdampak positif pada minat beli
ulang layanan OvoPay sebesar 58,8%, sedangkan pada sisa pengaruh sebesar 41,2% dapat
dijelaskan oleh faktor-faktor lain.
Article Details
References
Brand”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Alhaddad, A. (2014). The Effect Of Brand Image And Brand Loyalty On Brand Equity.
International Journal Of Business And Management Invention. 3(5). Retrieved From
Google Scholar.
Ariani, F., & Prinoya R. W.(2021). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap
Keptusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Shopee Di Sumatera Barat). Journal Of
Technopreneurship On Economics And Business Review, 3(1).
Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat
Beli Jasa Go-Jek. Widyakala Journal, vol.3 ISSN : 2337-7313 print.
Databoks.Katadata. (2019). Tokopedia E-Commerce Dengan Nilai Transaksi Terbesar.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/15/2014-2023-nilai-transaksitokopedia-terbesar-dibandingkan-e-commerce-lainnya
Databoks.Katadata. (2021). Tokopedia Masih Jadi E-Commerce Paling Banyak Dikunjungi Pada
Kuartal III 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/18/tokopedia-masihjadi-e-commerce-paling-banyak-dikunjungi-pada-kuartal-iii-2021
Databoks.Katadata. (2021). Transaksi E-Commerce Indonesia Diproyeksikan Capai Rp 403 Triliun
Pada 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/25/transaksi-e-commerceindonesia-diproyeksikan-capai-rp-403-triliun-pada-2021
Humdiana. (2005). Analisis Elemen-Elemen Ekuitas Merek Produk Rokok Merek Djarum
Black. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 12(1).
Iprice (2021). Report Peta Persaingan E-Commerce Q3 2021. https://
iprice.co.id/trend/insights/report-peta-persaingan-e-commerce-q3-2021/
Kurniasari, M., & Budiatmo A. (2018) Pengaruh Social Marketing, Brand Awareness Terhadap
Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts
& Coffee Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 7, (1): 25-31.
Nikmatulloh, A. A., & Wijayanto A. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek, Kepercayaan Dan
Harga Terhadap Minat Beli Online Pada Marketplace Bukalapak (Studi Pada Pengguna
Bukalapak Di Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 10(10).
Ningsih, S., & Dukalang, H. (2019) Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi
Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics. 1(1): 43-53.
Putri, L. H. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Minat Pembelian Ulang Konsumen
Terhadap Produk Naget Delicy. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(2).