Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan aplikasi Zoom sebagai media pembelajaran bisnis bagi anggota Multi Level Marketing PT. Melia Sehat Dan Sejahtera. Metode riset ini adalah riset kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus untuk mengumpulkan data dari dua sumber data, data primer dan sekunder. Data primer dengan observasi, wawancara dan dokumen, dan data sekunder dengan data buku, jurnal dan dokumen. penting. Temuan penelitian ini didasarkan pada pengalaman anggota dan tutor menggunakan aplikasi Zoom sebagai media pembelajaran komersial, dengan alasan bahwa aplikasi Zoom tidak efektif karena sebagian besar anggota kesulitan memahami materi saat menggunakan aplikasi selama proses belajar mereka, tidak hanya itu, ketika tutor ingin Ketika menguji kemampuan mereka melalui studi kasus, anggota juga sering menyontek, hanya pergi untuk menghindari masalah dengan mentor mereka. Dukungan dan disinsentif dari aplikasi Zoom menjadi faktor pendukung untuk mendukung proses pembelajaran online walaupun secara virtual melalui tatap muka, dan yang menjadi penghambat aplikasi Zoom ini adalah kuota internet karena kebanyakan mahasiswa mengeluhkan kuota tersebut. , dan jaringan internet.
Keywords
Article Details
References
- Chaeruman, U. A. (2020). Terhadap Pembelajaran Di Era. Jurnal Teknologi Pendidikan, 08(01), 142–153.
- Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511
- Kasman, K., & Hamdani, Z. (2021). the Effect of Zoom App Towards Students’ Interest in Learning on Online Learning. Dinasti International Journal of Education Management And Social Science, 2(3), 404–408. https://doi.org/10.31933/dijemss.v2i3.752
- Kuswara, H., & Kusmana, D. (2017). Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis Web Dengan SMS Gateway Pada Sekolah Menengah Kejuruan Al – Munir Bekasi. Indonesian Journal on Networking and Security, 6(2), 17–22.
- Made Sri Mahayoni, N. (2020). Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Pada Pembelajaran Agama Hindu Di Masa Pandemi. Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu, 3(1), 47–53.
- Munir. (2019). Pembelajaran Jarak Jauh. Alfabeta.
- Putri, R. E., & Wulandari, T. A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Sebagai Media E-Learning Dalam Mencapai Pemahaman Mahasiswa Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Common, 4(2), 171–190.
- Rifa’i, A., & Anni, C. T. (2020). Psikologi Pendidikan. UNNES Press.
- Robandi, D., Darmansyah, & Yeni, F. (2020). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID-19 DI KAMPUS IPDN SUMATERA BARAT. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 08(02), 1–4. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
- Seels, B., & Glasgow, Z. (2016). Exercises in Instructionals Design. Merril Publishing Company.
- Shahabadi, M. M., & Uplane, M. (2015). Synchronous and Asynchronous e-learning Styles and Academic Performance of e-learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176(February), 129–138. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.453
- Siregar, E., & Nara, H. (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia.
- Solihin, A. (2020). Pembelajaran online dengan Aplikasi Zoom Meeting di Kelas 5 SDN 1 Selaawi di Masa Pandemi Covid-19. Gunahumas, 3(2), 17–24. https://doi.org/10.17509/ghm.v3i2.30513
- Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2018). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Bumi Aksara.
- Zannah, P. Z., Mulhayatiah, D., & Alatas, F. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Zooming Presentation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Konsep Suhu Dan Kalor. EDUSAINS, VI(02), 212–216. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
- Zhang, X., Chen, Q., Ng, R., & Koltun, V. (2019). Zoom to Learn, Learn to Zoom Supplementary Material. Proceedings of the IEEE/CVF Conference on Computer Vision and Pattern Recognition, 3762–3770.