Main Article Content

Abstract

Bahasa asing yang masuk di Indonesia semakin berkembang salah satunya yaitu Bahasa Jepang. Di negara Indonesia minat orang untuk belajar bahasa Jepang cukup tinggi terbukti dengan mulai banyaknya institusi pendidikan formal dan lembaga kursus yang mengajarkan bahasa jepang yang berada di Indonesia dan dari dampak budaya lainnya yang mempengaruhi minat belajar bahasa jepang. Game bisa jadi media untuk memotivasi belajar terutama dalam kasus kanji dimana dapat menjadi wadah yang menyenangkan dan game yang memfasilitasi belajar kanji yang menjangkau banyak aspek belum banyak. Berdasarkan hal tersebut game bisa menjadi media untuk membantu mengatasi hilangnya motivasi dalam mempelajari kanji. Hasil penelitian adalahaplikasi berbentuk game yang dibuat menggunakan tampilan  dalam bentuk dua dimensi secara offline, dengan konsep gabungan multimedia yang dicakup seperti media teks, suara, gambar dan animasi sehingga memudahkan proses belajar huruf kanji N5 oleh pemula.

Keywords

game onyoumi, kanji n5, bahasa jepang, multimedia, android

Article Details

References

  1. Ardiansyah, Firdan. 2011. “Pengenalan Dasar Android Programming”. Depok: Biraynara Copyright 2011.
  2. D. Nesbitt and A. Müller. 2016. “Sustaining Motivation for Japanese ‘Kanji’ Learning: Can Digital Games Help?,” dalam Jalt Call Journal Vol. 12 No. 1 (pp. 23–41).
  3. E. Toyoda. 1998. “Teaching Kanji by focusing on learners’ development of graphemic awareness,” Aust. Rev. Appl. Linguist. Ser. S, Vol. 15 (pp. 155–168).
  4. E. Bahji, L. Youssef, and J. Alami. 2011. “S2P Learning Model for combining Game-Based Learning and Text-Based Learning,” dalam Conference: 5th Guide International Conference 2011 E-learning innovative models for the integration of education, technology and research.
  5. H. D. Surjono. 2017. “Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep Dan Pengembangan”. Yogyakarta: UNY Press.
  6. K. H. Russ Miles. 2006. “Learning UML 2.0.”. United States: O’Reilly Media.
  7. R. Vermont. 2015. “Essential Japanese Kanji Volume 1, 1st ed”. Singapore: Tuttle Publishing.
  8. Rolling A dan Adams E. 2003. “Andres Rollings and Ernest Adams on Game Design”. New Riders Publishing.
  9. R.Roedavan. 2017. “Construct 2 Tutorial Game Engine”. Bandung: Informatika.
  10. Y. Shabaneh and M. Farrah. 2019. “The Effect of Games on Vocabulary Retention” dalam Indonesian Journal of Learning and Instruction Vol. 2 (pp. 79–90).