Analisis Segmentasi Pelanggan Mall Menggunakan Algortima K-Means
Main Article Content
Abstract
Segmentasi pelanggan adalah tindakan mengelompokkan konsumen ke dalam beberapa kategori
berdasarkan karakteristik umum seperti usia, jenis kelamin, pendapatan tahunan, lokasi tempat tinggal,
frekuensi pembelian, dan faktor lainnya. Hasil dari proses segmentasi ini digunakan sebagai panduan untuk
merumuskan strategi pemasaran serta memperkenalkan produk baru kepada setiap kelompok pelanggan.
Selain itu, hasil segmentasi juga membantu dalam mengembangkan produk khusus untuk kelompok
pelanggan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Dengan menggunakan algoritma clustering seperti K-Means,
pelaku bisnis dapat memastikan bahwa kebijakan yang diambil memiliki dasar yang sistematis dan terukur.
Terdapat 5 kelompok pelanggan mall berdasarkan hasil analisis data, yakni: kelompok pertama adalah
pelanggan yang berpenghasilan rata-rata dengan skor pengeluaran rata-rata. Kelompok kedua adalah
pelanggan yang berpenghasilan tinggi dan memiliki skor pembelanjaan. Kelompok ketiga adalah pelanggan
yang memiliki pendapatan lebih tinggi namun tidak menghabiskan lebih banyak uang di mall. Kelompok
keempat adalah pelanggan yang berpenghasilan rendah dengan skor pengeluaran rendah. Kelompok
kelima adalah pelanggan berpenghasilan rendah dengan skor pembelanjaan tinggi. : segmentasi
Article Details
References
Psycology Couns., vol. 2, no. 2, 2020.
[2] F. R. Yamali and R. N. Putri, “Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia,” Ekon.
J. Econ. Bus., vol. 4, no. 2, p. 384, 2020.
[3] D. Junaedi and F. Salistia, “Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Pertumbuhan
Ekonomi Negara-Negara Terdampak,” Simposium Nasional Keuangan Negara. pp.
995–1115, 2020.
[4] F. Nidaul Khasanah et al., “Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai
Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi
Covid 19,” J. Sains Teknol. dalam Pemberdaya. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 51–62, 2020.
Langi, Brenda. 2019. Analisis Sistem Informasi Penggajian Dan Pengupahan Dalam Upaya
Pengendalian Internal Pada PT. Gemilang Emas Indonesia, Jurnal Riset Akuntansi
Going Concern 14 (1) 2019 : 148-153.
Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi. Penerbit : Salemba Empat, Jakarta.
Purba, Dimita. H.P 2018. Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Dan Pengupahan : Studi
Kasus Pada Sebuah Rumah Sakit, Jurnal Manajemmen4 (1) Januari-Juni : 15-22.
Qudus, I. (2015). Analisis Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan dalam Upaya
Mendukung Pengendalian Intern (Studi pada PT. Sun Star Motor Malang).Jurnal
Administrasi Bisnis, 25(2).
Rezkiani, Acsri Adelia. 2022. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Pada PT.
Berau Coal. Skripsi. Berau : Universitas Muhammadiyah Berau.
Romney, Marshal B & Paul John Steinbard. 2011. Accounting Information System. Buku 1,
Edisi 9. Salemba Empat, Jakarta.
Saraswati, K. M. (2014). Analisis Sistem Akuntansi Penggajian & Pengupahan Karyawan
Dalam Usaha Meningkatkan Pengendalian Intern Perusahaan (Studi pada PT. Japfa
Comfeed Indonesia, Tbk Kantor Cabang Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1).
Sari, Effi Karlina. 2016. Analisis Sistem Informasi Penggajian Dan Pengupahan Pada
Koperasi Unit Desa Batu Kecematan Batu. Skripsi . Malang : Universitas
Muhammadiyah Malang.
Setiawan, Ade. 2019. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian di Industri Mebel
ABC. Jurnal Akuntansi 3(1) : 47-57. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta.
Ulfira, Ainun. 2020. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Pada PT. Bumi Rama
Nusantara, Skripsi. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar.
Widyasari, Nitiya. 2012. Analisis Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Penggajian
Karyawan Pada RSUD Kota Semarang, Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro.
Yeni P. (2017). Analisis Sistem dan Prosedur Penggajian dan Pengupahan Dalam Usaha
Mendukung Efektivitas Pengendalian Intern Sti Kasus Pada PT. Delta Merlin Dunia
Tekstil IV