Pentingnya Strategi Lokasi dan Layout Fasilitas sebagai Daya Saing Mall

Main Article Content

Sari Wiyanti
Neli Marlina
Ade Julia Asyifa
Zulfikar Satya Akbar
Sigit Wahyu Pratama

Abstract

Bisnis Mall saat ini terancam akibat dari persaingan yang tinggi dan kemajuan teknologi digital dimana masyarakat tidak perlu ke Mall untuk berbelanja kebutuhannya. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi peran lokasi dan fasilitas Mall dalam menciptakan daya saing Rita Mall kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah Store Manajer, Floor Manager, Kepala Divisi dan Supervisor Operasional, Karyawan Pemasaran Supliyer serta konsumen. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara tidak acak menggunakan metode Purposive sampling. Data hasil survey diolah menggunakan alat analisis SPSS 25 dimana data tersebut dianalisis melalui regresi linear berganda dan diuji menggunakan uji hipotesis, termasuk uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian dari uji t diperoleh Persepsi Lokasi terhadap Daya Saing diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 1,969 > 1,661 dengan nilai sig. = 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Persepsi fasilitas terhadap Daya Saing diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 5,155 > 1,661 dengan nilai sig. = 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H2 diterima. Hasil uji F diperoleh fhitung 96,166 yang artinya lebih besar dari ftabel yaitu 96,166 > 2,467 dengan nilai sig. adalah 0,00 dengan kata lain nilai sig. < 0,05 atau 0,000 < 0,05, sehingga dapat diartikan H3 diterima. Kesimpulan terdapat pengaruh positif peran persepsi Lokasi terhadap Daya Saing Rita Mall Tegal. Jadi, dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif peran persepsi Layout Fasilitas terhadap Daya Saing Rita Mall Tegal. Jadi, hipotesis ketiga adanya peran persepsi Lokasi dan persepsi Layout Fasilitas terbukti atau
diterima, maka disimpulkan terdapat peran positif persepsi Lokasi dan Layout Fasilitas secara simultan terhadap Daya Saing Rita Mall kota Tegal. 

Article Details

Section
Articles

References

Christina Whidya Utami. (2017). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia (3rd ed.). Salemba Empat.
Dębek, M., & Janda-Dębek, B. (2015). Whose shopping malls and whose shopping streets? Personenvironment fit in retail environments. Polish Journal of Applied Psychology, 13(4), 67–90. https://doi.org/10.1515/pjap-2015-0043
Drezner, T. (2014). A review of competitive facility location in the plane. Logistics Research, 7(1), 114. https://doi.org/10.1007/s12159-014-0114-z
Felicia, M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2020). ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA MAL
MILIK PT BATU MUTIARA INDAH. 8. Gupta, A., Mishra, V., & Tandon, A. (2020). Assessment of Shopping Mall Customers’ Experience
through Criteria of Attractiveness in Tier-II and Tier-III Cities of India: An Exploratory
Study. American Business Review, 23(1), 70–93. https://doi.org/10.37625/abr.23.1.70-93
Khare, A., & Sarkar, S. (2021). Does Cultural Value Influence Consumers’ Attitudes toward Mall
Events? A Study on Indian Mall Shoppers. Journal of International Consumer Marketing, 33(5), 526–542. https://doi.org/10.1080/08961530.2020.1833269
Knego, N., Petljak, K., & Vouk, R. (2014). LOCATION AND LAYOUT AS SOURCES OF COMPETITIVE
ADVANTAGE OF SMALL RETAILERS. 8. Kovács, G. (2019). Layout design for efficiency improvement and cost reduction. Kurniawati, A., Nugroho, S., & Hariadi, M. (n.d.). SIMULASI PERGERAKAN PENGUNJUNG MALL
MENGGUNAKAN POTENTIAL FIELD. Madavi, S., & Sangode, D. P. B. (2019). Exploring the Influence of Facility Location on the Operations
of Service Organizations. Makgopa, S. (2016). Determining consumers’ reasons for visiting shopping malls. Innovative
Marketing, 12(2), 22–27. https://doi.org/10.21511/im.12(2).2016.03
Murdifin Haming, M. N. (2014). Manajemen Produksi Modern—Operasi Manufaktur Dan Jasa (3 Buku 1). Bumi Aksara.
Nkaabu, C. G., Saina, E., & Bonuke, R. (n.d.). EMOTIONAL EXPERIENCE AND PURCHASE INTENTION:
A MODERATED MEDIATION OF STORE IMAGE AND UTILITARIAN VALUE. Nurdin, H. (2020). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kedai Terapung Kecamatan Sape Kabupaten Bima. 1(2).
Rambat Lupiyoadi. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa—Berbasis Kompetesi (3rd ed.). Salemba Empat.
Rosalina, S. S. (2018). STRATEGI PENENTUAN LOKASI GLOBAL PERUSAHAAN (STUDI KASUS DI
STARBUCKS JAKARTA). BISMA, 12(2), 233. https://doi.org/10.19184/bisma.v12i2.7893
Sadachar, A., & Fiore, A. M. (2018). The path to mall patronage intentions is paved with 4E-based
experiential value for Indian consumers. International Journal of Retail & Distribution
Management, 46(5), 442–465. https://doi.org/10.1108/IJRDM-07-2017-0152
Sari, I., & Hidayat, R. (2020). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian pada
Cafe Bang Faizs. 1(2).
Saxena, R. P., & Al Hashemi, B. (2011). Importance of Location in Successful Retailing. The
International Journal of Knowledge, Culture, and Change Management: Annual Review, 11(1), 37–60. https://doi.org/10.18848/1447-9524/CGP/v11i01/49337
Sekolah Tinggi Pariwisata ARS Internasional, Hakeem, J. R., Priyanto, R., & Sekolah Tinggi
Pariwisata ARS Internasional. (2019). Peramalan Jumlah Pengunjung Ciwangun Indah
Camp Menggunakan Metode Moving Average Dan Exponential Smoothing. Altasia : Jurnal
Pariwisata Indonesia, 12–22. https://doi.org/10.37253/altasia.v1i1.340
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori Dan Aplikasi. Andi Offset.
Syoufa, A., & Hapsari, H. ( n.d.). PENGARUH POLA SIRKULASI PUSAT PERBELANJAAN MAL
TERHADAP POLA PENYEBARAN PENGUNJUNG Studi kasus: Margocity, Depok. William J. Stevenson, S. C. C. (n.d.). Manajemen Operasi—Perspektif Asia (9 Buku 1). Salemba Empat
Willian J. Stevenson, S. C. C. (2014). Manajemen Operasi—Perspektif Asia (9 Buku 2). SalembaEmpat